Kamis, 21 Februari 2013

Kapal Tongkang Muatan Batu Bara, Terdampar Dekat Pelabuhan PT. Semen Indonesia.

Kapal Tongkang Muatan Batu Bara, Terdampar Dekat Pelabuhan PT. Semen Indonesia. SUGAR FM DALAM BERITA
Diterjang Ombak, Kapal Batu Bara Terdampar.



Tuban  - Setelah Kapal Kargo Vietnam yang terdampar di pantai Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban sudah satu bulan belum bisa dievakuasi, kali ini sebuah kapal tongkang yang bermuatan Batu Bara kembali terdampar dan nyaris terguling di lokasi pantai desa tersebut, Kamis (21/02/2013).

Dari sejumlah keterangan warga yang tinggal di sekitar pantai Tanjung Awar-awar, Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu itu menyatakan bahwa kapal Tongkang Batu Bara yang sudah dalam kondisi miring, baru dikehatui sejak Kamis pagi.

"Mungkin ini terdamparnya sudah tadi Malam saat gelombang tinggi, tapi ini warga baru tahunya tadi pagi," ujar Fajar, salah satu warga yang berada di sekitar lokasi terdamparnya kapal Tongkang itu.

Tongkang tersebut terdampar di Pantai tersebut lantaran terlepas dari Kapal Tug Boad yang menariknya saat akan bersandar di Pelabuhan Khusus PT Semen Indonesia. Sehingga saat terlepas itulah kapal yang membawa 7,5 ribu matrixton Batu Bara itu terhempas gelombang besar hingga akhirnya terdampar di tepi Pantai itu.

"Ini posisi tongkangnya sangat miring, kemungkinan menghantam karang soalnya banyak karang disini. Mungkin saja ya banyak Batu Bara yang tumpah ke laut," sambung Ali warga yang lainnya.

Sementara itu menurut Aris, salah satu Petugas Pelabuhan khusus PT Semen Indonesia menyatakan bahwa, kapal Tongkang Batu Bara Apol 3019 itu terdampar karena Tongkang dihempas gelombang tinggi dan angin kuat yang terjadi di perairan Laut Utara Jawa kemarin.

Meskipun kondisi Kapal Tongkang yang bermuatan penuh Batu Bara itu dalam kondisi sangat miring, pihak Pelabuhan Khusus PT Semen Indonesia menyatakan jika tidak ditemukan adanya tumpahan Batu Bara yang mengakibatkan pencemaran terhadap air laut.

Sementara itu hingga saat ini Tongkang Batu Bara tersebut masih belum bisa di evakuasi dan ditarik ketengah laut. Sedangkan untuk Kapal Kargo Vietnam yang terdampar sejak awal Bulan Januari lalu itu hingga saat ini juga belum bisa di tarik dari pantai, belum diketahui kapan Kapal tersebut bisa untuk ditarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kebersamaannya disini.