Rabu, 12 September 2012

Tuban Memiliki Akademi Komunitas, Program dari Kementrian Pendidikan Republik Indonesia.

SUGAR FM DALAM BERITA

Akademi Komunitas Resmi Buka, Sementara Waktu Masih Numpang.

Penulis : Hanafi
TUBAN
Foto : Kepala Disdikpora Kab. Tuban, Sutrisno.
Seputartuban.com– Mungkin masyarakat luas belum mengetahui ada program dari Kementrian Pendidikan Republik Indonesia bahwa disejumlah daerah didirkan Akademi Komunitas. Akademi negeri ini dibawah sudah beroperasi mulai tahun ini. Termasuk di Kabupaten Tuban sudah 34 Mahasiswa terdaftar dan memulai melakukan aktifitas akademik.
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Sutrisno, saat dikonfirmasi seputartuban.com selasa (11/09/2012) menjelaskan AK bertujuan memberi kemudahan masyarakat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).  Serta sebagai upaya mengangkat potensi calon mahasiswa yang berprestasi didaerah.
Saat ini sebanyak 34 Mahasiswa yang sudah masuk dalam program ini. Dan sudah menjalankan aktifitas akademiknya dengan sementara waktu masih memakai fasilitas gedung milik Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Tuban.
Dan program pendirian AK ini masih dianggarkan oleh Kemendiknas sebesar Rp. 2 Milyar untuk membangun fasilitasnya. “Dana belum turun, sementara masih menggunakan gedung SMK N 1 Tuban. Dan sudah berjalan di Tahun Ajaran (TA) ini,” ungkapnya.
Sementara itu, saat ini AK Tuban sudah membuka proses pendidikan jurusan pendidikan vokasi atau ketrampilan setingkat diploma I (D-I) ataupun Diploma II (D-II).  Dan memiliki program studi Otomotif/ Elektro, Agro, Teknologi Informasi dan Perhotelan. “Sudah ada 34 mahasiswa yang masuk, semuanya jurusan informatika, untuk elektro belum ada yang masuk,” jelas Kepala Disdikpora ini.
Diketahui,  Program ini bertujuan tujuan mempermudah bagi calon mahasiswa yang kurang mampu dan ingin melanjutkan ke bangku kuliah di Universitas Negeri.  Karena kebanyakan berada di kota- kota besar dan masih terkendala jarak. Adapun sasaran dibuatnya pendirian AK adalah meningkatkan kwalitas ketenagakerjaan, dan memperbesar akses masyarakat yang melanjutkan pendidikanya ke Perguruan Tinggi (PT).
 Lahan 2 Hektar Untuk AK, Lurah Belum Tahu Lokasinya.

Penulis : Hanafi
TUBAN
seputartuban.com – Seperti diberitakan sebelumnya, pembangunan gedung Akademi Komunitas (AK) yang ada di Kabupaten Tuban sudah mempunyai lahan tanah, namun hasil penelusuran seputartuban.com, Kamis (13/09/2012) dengan sumber berbeda menunjukkan fakta lain.
Seperti yang disampaikan Kepala Kelurahan Mondokan, Amin Purnawan, saat dikonfirmasi seputartuban.com dikantornya, menjelaskan, pihaknya sudah mendapatkan surat dari Pemkab Tuban. Yakni terkait rencana pembangunan gedung AK, yang akan ditempatkan di salah satu Eks Tanah Desa.
Pasalnya, sejak adanya perubahan Desa menjadi Kelurahan mondokan, semua tanah desa sudah berubah menjadi tanah milik Pemkab Tuban. “Sejak berubah menjadi kelurahan pada tahun 1984 dulu, semua tanah desa sudah menjadi milik Pemkab tuban. Jadi semua terserah Pemkab saja, kemarin juga sudah dapat surat pertemuan untuk membahas ini, tapi gak jadi, ” ungkapnya.
Diketahui bahwa, Kelurahan mondokan mempunyai 30 Ha tanah yang sudah dimiliki Pemkab, namun sebagian sudah di banguni fasilitas pemerintahan. “Rencana yang saya dengar lahan seluas 2 Ha yang akan digunakan gedung itu. Namun ini masih wacana saja belum pasti, tempatnya juga belum jelas, apa di selatan Jl. Letda Sucipto, apa di samping SMA 4 itu, ” imbuhnya.

1 komentar:

  1. Wah...
    sudah jelas ada rencananya, walau belum jelas dimana lokasi pastinya..

    semoga segera dibangun...

    saya sendiri calon pengajar ak yang sedang pendidikan di polines semarang...

    salam

    BalasHapus

Terima kasih atas kebersamaannya disini.