Minggu, 22 Juli 2012

WNA Pekerja Proyek, Makan Ice Cream Di Siang Hari Saat Bulan Ramadhan

SUGAR FM DALAM BERITA

WNA Pekerja Proyek Tak Hormati Bulan Puasa Di Tuban.

Tuban - Tengah siang di hari kedua bulan puasa tahun ini, kami menjumpai Warga Negar Asing (WNA) etnis China di salah satu swalayan di Tuban sedang menikmati ice cream dan merokok di tengah pintu utama swalayan. Melihat hal tersebut, beberapa pengunjung swalayan itu melihat dengan muka protes.
Melihat hal yang (menurutnya) tidak pantas di bulan puasa, pengunjung tersebut melempar protes kepada Satpam yang berada tidak jauh dari orang asing tersebut. Kepada Satpam tersebut Uzer mengatakan, “Mohon maaf pak Satpam, kenapa orang itu makan ice cream di tengah pintu masuk kok dibiarkan saja. Diingatkan dong, paling tidak menghormati bulan puasa. Jangan dibiarkan saja.”
Mendengar teguran pengunjung, Satpam swalayan tersebut menjelaskan bahwa gerombolan orang asing tersebut bekerja di salah satu proyek besar di sebelah barat Tuban. “Masalahnya, mereka itu hanya bisa bahasa mandarin, diajak ngomong bahasa Inggris tidak bisa mas, makanya kita mengingatkan juga sulit.”
“Apalagi bukan orang Indonesia pak, anda atau keamanan harus memperingatkanlah. Orang – orang asing di Tuban ini sudah banyak yang seenaknya saja kalau ngapa – ngapain. Jangan dibiarin pak, sebenarnya saya mau ingatkan sendiri, tapi yang lebih berhak Satpam. Kalau nggak bisa bahasa Inggris, paling tidak diajak ngomong pakai Isyarat,” sahut Uzer.
 
Kelakuan WNA tersebut mengundang guman pengunjung swalayan di siang itu. Beberapa orang yang  ada  mengatakan, “Kedatangan orang – orang asing di berbagai proyek di Tuban harus diantisipasi pengaruhnya. Pengaruh ekonomi, sosial, maupun kebudayaan. Jangan dibiarkan begitu saja dengan bebas di Tuban. Kalau bertentangan dengan adat, norma, atau prinsip toleransi yang berlaku di sini, seluruh masyarakat Tuban harus berani, khususnya yang berwenang.” “Apakah semudah itu kita akan kembali terjajah,” tambah seorang pengunjung yang enggan disebutkan namanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kebersamaannya disini.