Senin, 23 Juli 2012

Blewah Tuban Banyak Diminati saat Puasa

SUGAR FM DALAM BERITA

PETANI BLEWAH PANEN BERKAH DI BULAN RAMADHAN.


Durahmad saat menjajakan blewahnya.
Tuban Bulan suci Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi semua orang, tak terkecuali bagi petani blewah. Seperti yang terlihat di wilayah Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, para petani Blewah menjajakan hasil panennya di pinggir jalan dekat sawahnya, Minggu (22/07/2012).
Buah Blewah tersebut, memang banyak dicari masyarakat untuk hidangan saat berbuka puasa. Rasa buah yang manis dan daging buahnya yang empuk akan terasa sangat menyegarkan jika dicampur es dan sirup.
Durahmad (49), warga Desa Penidon, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, yang penggarap lahan Sawah Blewah mengaku, saat bulan puasa ini menjadi berkah tersendiri bagi dirinya.
 
“Saat bulan puasa seperti ini banyak sekali yang mencari Buah Bewah untuk dijadikan menu buka puasa, sampai permintaan meningkat 50 persen lebih dibanding dengan hari biasanya,” ujar Durahmad.
Durahmad biasanya menjajakan dagangan dengan membangun lapak semi permanen ataupun tenda dari terpal di pinggir jalan. Dan harga yang ditawarkan pun bervariasi antara Rp 5.000,- hingga Rp 15.000,- per bijinya, tergantung kualitas dan ukurannya. Adapun Blewah yang dijajakan Durahmad tak hanya Blewah jenis umum. Durahmad juga menanam beberapa jenis Blewah, seperti Blewah Sumbawa, Blewah Bisma, dan juga Blewah jenis Golden.
“Semua jenis Blewah enak, namun yang paling diminati masyarakat adalah jenis Blewah yang umum, karena akan dibuat es,” terang bapak 3 anak itu, saat ditanya jenis Blewah mana yang sering diminati masyarakat. Durahmad mengaku dalam seharinya bisa menjual Blewahnya sampai 60 kg hingga 1 kwintal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kebersamaannya disini.