Jumat, 20 Juli 2012

Pelabuhan PT. Semen Gresik Di Tuban Tidak Cocok Untuk Menentukan HILAL

SUGAR FM DALAM BERITA
Mendung, Rukyatul Hilal di Tuban Gagal.

Tuban - Cuaca mendung membuat kegiatan Rukyatul Hilal di Pelabuhan Khusus PT Semen Gresik Kabupaten Tuban tidak berhasil melihat Hilal untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan 1433 Hijriyah, Kamis (19/07/2012).

Tim Rukyatul Hilal dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban yang melaksanakan Rukyatul Hilal selama 10 menit dengan menggunakan alat maupun secara kasat mata tidak ada yang berhasil melihat munculnya Hilal.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Leksono, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban yang menyatakan bahwa Rukyatul Hilal untuk mengetahui jatuhnya bulan puasa itu tidak berhasil untuk melihat Hilal.

"Dalam kegiatan Rukyautul Hilal kali ini hasilnya kita gagal untuk melihat Hilal, namun kita akan tetap melaporkan hasil Rukyatul Hilal kali ini ke Provinsi. Kita tidak bisa untuk menentukan jatuhnya awal puasa masih menunggu keputusan pemerintah," terang Leksono, setelah melakukan kegiatan tersebut.

Selain itu, Leksono menyatakan bahwa selama ini pelaksanaan Rukyatul Hilal di Kabupaten Tuban tidak pernah berhasil lantaran tempat tersebut yang dinilai kurang pas dan terhalang oleh gunung. "Selama 31 kali kita telah melakukan Rukyat disini belum pernah berhasil untuk melihat hilal baik tanggal 1 Ramadhan maupun 1 Syawal, karena terhalang oleh gunung," sambungnya.

Untuk melaksanakan rukyat selanjutnya, pihak Kemenag Kabupaten Tuban akan melakukan evaluasi dan mencari tempat yang lain untuk di jadikan sebagai Rukyatul Hilal, saat ini masih belum menemukan tempat Rukyatul Hilal yang lain selain di Pelabuhan PT Semen Gresik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kebersamaannya disini.