Sabtu, 13 Oktober 2012

Peresmian Pabrik Semen Gresik Tuban IV Di Tuban Oleh Dahlan Iskan (Menteri Negara BUMN).

SUGAR FM DALAM BERITA
 
Produksi Pabrik Tuban IV Semen Gresik 3 Juta Ton




TUBAN - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, Sabtu (13/10/2012) meresmikan Pabrik Tuban IV di Tuban, Jawa Timur. Pabrik semen milik PT Semen Gresik (Persero) Tbk itu berkapasitas produksi 3 juta ton per tahun.
Direktur Utama Semen Gresik, Dwi Soetjipto mengemukakan, konstruksi pabrik Tuban IV tuntas dalam waktu 30 bulan sejak ground breaking 30 September 2009. Perseroan telah melakukan fire on pada April 2012 lalu. Setelah itu dilakukan commissioning hingga akhir Juni 2012.
"Pabrik Tuban IV mulai produksi secara komersial sejak 1 Juli 2012. Bahkan untuk beberapa mesin tertentu antara lain finish mill dan packer telah beroperasi sejak Januari 2012," ujar Dwi.
Proyek raksasa Tuban IV ini dikerjakan dengan investasi Rp 3,18 triliun. Pembangunan pabrik dilakukan secara swakelola dengan membentuk sebuah Tim Proyek Tuban IV yang melaksanakan tugas sebuah organisasi EPC kontraktor khusus untuk membangun pabrik. Tim tersebut memiliki berbagai macam keahlian, mulai dari engineering, procurement, construction dan commissioning.
"Titik berat swakelola proyek Tuban IV adalah semaksimal mungkin menggunakan sumber daya lokal Indonesia," ujar Dwi.
Optimalisasi sumber daya lokal tersebut terlihat pada sejumlah hal. Pertama, Project Management dilaksanakan oleh Semen Gresik Group yang dibantu oleh perusahaan nasional, yaitu Mitra Lingkungan DutaConsult.
Kedua, pelaksanaan Engineering, Procurement, Construction dan Commissioning dengan kontribusi perusahaan lokal yang jauh lebih besar dibandingkan asing. Untuk pekerjaan engineering, pelaksanaan basic design oleh main equipment manufactur, sedangkan detail desain dikerjakan sendiri oleh tenaga ahli Semen Gresik Group, yang bekerja sama dengan Prosys Bangun Persada dan akademisi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kebersamaannya disini.