Selasa, 07 Agustus 2012

Ada Buah Busuk di Swalayan saat Razia Mamin

SUGAR FM DALAM BERITA
Razia Mamin, Petugas Temukan Buah Busuk di Swalayan
Selasa, 07 Agustus 2012
Reporter : M Muthohar

Tuban (beritajatim.com) - Menjelang lebaran, petugas dari Dinas Perekonomian Kabupaten Tuban, dibantu petugas kepolisian dan juga Satpol PP melakukan razia makanan dan minuman di sejumlah toko swalayan, Selasa (07/08/2012). Hasilnya, petugas menemukan sejumlah makanan tak layak konsumsi.

Dari pantuan beritajatim.com di lapangan, razia tersebut dilakukan di sebuah toko yang ada di jalan Sunan Kalijogo, Kota Tuban. Di toko yang menjual aneka makanan dan minuman tersebut, petugas mendapati sejumlah makanan ringan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa dan yang tidak dilengakapi komposisi bahan yang dikandung.

Setelah itu, petugas melanjutkan razia tersebut di Samudra swalayan di jalan Diponegoro. Dalam pemeriksaan, petugas menemukan sejumlah buah-buahan yang sudah membusuk, namun tetap dijual.

"Saat di Samudra kita tadi menemukan buah-buahan yang sudah busuk yang sudah tidak layak konsumsi, kemudian kita langsung memanggil petugasnya untuk menarik buah-buahan yang sudah busuk itu," terang Edy Sukirno, Kepala Seksi Usaha Bidang Perindustrian Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban.

Kemudian petugas melanjutkan razia tersebut di sejumlah toko dan swalayan yang lain di kawasan Kota Tuban. Saat melakukan pemeriksaan di Bravo swalayan, petugas hanya menemukan kaleng-kaleng makanan yang mengalami kerusakan.

"Tujuan dari razia ini adalah bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap makanan yang beredar di pasaran untuk menjaga keselamatan dan perlindungan terhadap konsumen," pungkas Edy, setelah melakukan razia tersebut. [mut/kun]

Waspadai Makanan Kadaluarsa Dalam Parsel.

Petugas memeriksa parsel di sebuah minimarket yang dioperasi petugas gabungan.
TUBAN (jurnalberita.com) – Untuk melindungi kepentingan konsumen, Selasa (7/8/12), petugas gabungan dari Dinas Perekonomian dan Kepolisian melakukan operasi pada sejumlah toko dan mini market. Hal itu dilakukan untuk menertibkan makanan yang tidak mempunyai izin edar dan sudah kadaluarsa.
Operasi menjelang Hari Raya Idul Fitri itu, dimulai dari mini market Kembang Ijo yang berada di Jalan Sunan Kalijaga, kemudian dilanjutkan ke mini market Mahkota Bakeri yang berada di jalan yang sama. Swalayan Samudara Jalan Diponegoro dan Swalayan Bravo Jalan Basuki Rahmad juga tak luput dari sasaran operasi petugas.
Petugas berhasil menemukan sejumlah makanan yang tidak mempunyai izin kesehatan dan beberapa makanan yang hampir mendekati kadaluarsa, di minimarket Kembang Ijo. Selain itu, petugas juga menemukan beberapa buah yang sudah busuk dan makanan kaleng yang rusak di Swalayan Samudra Tuban.
Kepala Seksi Usaha Bidang Industri Kecil, Edi Sukirno menegaskan, beberapa makanan yang tidak mempunyai izin akan dilakukan pembinaan bila makanan itu hasil Industri Kecil Menengah (IKM). Namun, makanan yang rusak minta untuk dikembalikan ke perusahaannya bila makanan itu merupakan produk dari luar Kabupaten Tuban.
“Demi melindungi kepentingan konsumen, kita akan terus melakukan operasi makanan ini secara berkala. Apalagi mendekati hari raya Idul Fitri, biasanya masyarakat rame-rame mencarai cemilan untuk hidangan saat lebaran,” terang Edi Sukirno.
Edi juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu hati-hati dan lebih jeli saat membeli makanan dalam bentuk apapun itu, dengan melihat izin kesehatannya serta batas kadaluarsanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kebersamaannya disini.