Kamis, 23 Agustus 2012

Pemudik Berburu Oleh-oleh Khas Tuban.

SUGAR FM DALAM BERITA

Arus Balik Diwarnai Aksi Borong Jajanan Khas Tuban


kotatuban.com/lukmanul haqim
kotatuban.com – Memasuki hari ke empat lebaran, oleh-oleh khas Tuban berupa jajanan dan penganan yang banyak dijual di sepanjang Jalan Manunggal dan Tuban – Surabaya, diserbu pemudik yang akan kembali tempat perantauan.
Puluhan pembeli nampak memadati tempat-tempat penjualan oleh-oleh  sepanjang pagi hingga malam hari yang menjual buah siwalan dan legen serta olahan ikan laut di kawasan tersebut, Kamis (23/8).
Sebagian pembeli memborong oleh-oleh khas Tuban ini untuk buah tangan sepulang mudik, sementara sebagian lainnya membeli untuk dikonsumsi di rumah bersama keluarga dan kerabat mereka.
”Sejak pagi  dagangan saya cukup ramai. Bahkan, ada yang memborong sampai puluhan bungkus buah siwalan karena di tempat mereka tidak ada,” ujar  Munif salah seorang pedagang buah siwalan.
Menurut Munif, jumlah ini akan terus meningkat hingga puncak arus balik lebaran. Tidak hanya warga sekitar Tuban saja, banyak pengguna jalan yang melintas mampir untuk membeli buah siwalan karena memang buah dari pohon bogor tersebut merupakan buah khas Tuban.
Diakuinya, sejak menjelang lebaran hingga hari ini, penjualan para pedagang siwalan dilokasi tersebut melgalami peningkatan hingga 200 persen lebih, dibanding hari biasanya.
Sementara itu , Zulkifli, pemudik asal Pekalongan yang mampir di salah satu kios penjualan oleh-oleh khas Tuban mengaku, sudah tiga kali ini ia pulang mudik dari rumah saudara di Kota Malang menyempatkan untuk membeli buah siwalan. Selain untuk dikonsumsi keluarga,  juga untuk oleh-oleh kerabat dan teman-temanya di Pekalongan. (kim)

1 komentar:

Terima kasih atas kebersamaannya disini.